Kamis, 12 April 2012

Infrared Termasuk Wireless Atau Bukan.

Kali ini postingan saya bertemakan Teknologi Wireless. kebetulan ada temen FB yang bertanya apakah infrared itu termasuk jenis wireless atau tidak?? oleh karena itu saya akan menjawabnya melalui blog saya ini, sekalian menyalurkan bakat menulis yang terpendam.. hehehehhe. ok untuk mempersingkat waktu kita mulai masuk ke materinya. sebelumnya saya mencoba menjelaskan dulu apa itu Wireless.


Kalau secara bahasa, Wireless artinya tanpa kabel, artinya Infrared termauk kedalam kategori wireless. Tapi dalam kajian teknis, wiraless itu ada beberapa kategori (range) penggunaannya, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. PAN (Personal Area Network)
2. WLan
3. WMan
4. WAN


kategori di atas didasarkan pada range (jangkauannya). PAN paling pendek jangkauannya, ada sebagian pendapat yang memasukan Infrared (IrDA) kedalam kategori PAN, tetapi banyak referensi yang tidak memasukan Infrared desalam PAN karena berbeda jenis, proses dan layanannya. Infrared (IrDA) hanya memanipulasi sinyal analog ke bit sesuai singkronisasi hadware. Itupun hanya one to one hadware dan tidak support one to many Hadware. Dari performa inilah yang menyebabkan Infrared (IrDA) tidak masuk kedalam kategori Wiraless, karena Spek Wiraless harusnya support konektifitas one to many Hadware.


Ok. sekian dulu tulisan saya. semoga bisa membantu teman - teman yang lagi membutuhkan. sampai jumpa di postingan berikutnya. ^_^

Artikel Yang Bersangkutan



Template by : kendhin x-template.blogspot.com